harga Avanza GR

Sejarah Gazoo Racing

Kata Gazoo merupakan buatan sang presiden Toyota, Akio Toyoda.

Orang nomor satu di Toyota ini terkenal gemar turun balap sendiri.

Untuk memisahkan tim resmi Toyota dengan tim yang menyalurkan hobi balapnya, Akio Toyoda mendirikan Gazoo Racing di Jepang.

Nama Gazoo dipilih karena terdengar seperti ungkapan bahagia, seperti pada kata Yahoo, lantaran Akio merasa bahagia saat berada di balik kemudi.

Seiring waktu Gazoo Racing melebarkan sayapnya, bersamaan dengan visi Akio Toyoda untuk membuat mobil Toyota yang lebih baik, serta belajar dari pengalaman di dunia balap.

Toyoda melihat, dunia balap membuat tim engineer memberikan dukungan teknologi sampai batas maksimal hingga melahirkan terobosan dan inovasi yang selanjutnya bisa diimplementasikan ke produksi masal.

Sejak bulan April 2015, Toyota Gazoo Racing lahir dan sekaligus menjadi entitas yang mewakili tim balap lokal dan global Toyota di berbagai negara.

Hadir di Indonesia

Setelah sukses menghadirkan Yaris Gazoo Racing Limited Edition di bulan Juni 2021, kini Toyota Resmi menghadirkan Gazoo Racing untuk beberapa tipe yaitu Avanza Veloz, Rush, Agya, dan Fortuner.

Tingginya animo masyarakat Indonesia akan kendaraan yang sarat akan teknologi dan nilai sporty dijawab PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan menghadirkan Gazoo Racing di Indonesia. Toyota menghadirkan kendaraan-kendaraan terbarunya dengan sentuhan Gazoo Racing (GR) yang berorientasi pada performa motorsport. Selain Toyota GR Yaris yang sudah diperkenalkan lebih dulu, Toyota melengkapi line up dengan menghadirkan Toyota Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Agya GR Sport, serta Veloz GR Limited yang dijual dalam jumlah terbatas. 

“Melalui Toyota Gazoo Racing kami senantiasa berupaya untuk mewujudkan komitmen kami untuk menghadirkan ever-better cars dengan berpartisipasi aktif di berbagai ajang motorsport dunia. Setelah 6 tahun resmi berdiri dan berkompetisi di berbagai ajang motorsport global, hari ini kami hadirkan Toyota Gazoo Racing untuk masyarakat Indonesia,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda.

Dalam mengembangkan line up Toyota Gazoo Racing di dasari dengan empat filosofi dasar yakni “Roads Build People and People Build Cars”, “The Harsh Environment of Racing”, “Dialogue with The Road” dan “Driver-centric”. Keempat filosofi ini kemudian menjadikan sebuah kendaraan yang dengan performa tinggi serta kenyamanan berkendara dari balik kemudi.

toyota gazoo racing indonesia

Selain model yang ditawarkan ini, kedepannya TAM juga berencana untuk menyediakan produk aftermarket untuk konsumen yang ingin memodifikasi kendaraan standarnya dengan part GR. Meski demikian TAM belum menentukan model apa saja yang akan mendapatkan sentuhan GR ini. Namun Toyota berharap dapat memenuhi seluruh konsumen Toyota di berbagai segmen. 

“Tentu saja kami akan menghadirkan part GR secara terpisah untuk konsumen yang ingin memodifikasi kendaraannya dengan sentuhan GR. Namun saat ini kami masih mempersiapkan ketersediaannya dan kelengkapannya, kami akan memastikan akan segera hadir dalam waktu dekat,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM. 

Nama Toyota Gazoo Racing (TGR) secara resmi didirikan pada tahun 2015, namun pengembangannya sudah dimulai sejak 2007 saat Toyota mengikuti ajang balap enduro Nurburgring 24 Hours di Jerman. Para tim tersebut menggunakan nama Gazoo Racing yang di dalamnya juga terdapat Akio Toyoda sebagai master driver.

Rush GR Sport

Sejak saat itu, TGR konsisten berpartisipasi di berbagai ajang motorsport dunia, dengan fokus utama di World Endurance Championship (WEC), World Rally Championship (WRC), dan Dakar Rally. Keikutsertaan Toyota dalam ajang tersebut juga menorehkan hasil yang cukup gemilang dan beberapa kali tercatat sebagai juara. 

Pada ajang WEC, TGR berhasil meraih FIA World Endurance LMP Drivers Championship (2018-2019 & 2019-2020) dan FIA World Endurance LMP1 Championship (2018-2019 & 2019-2020). Lalu di ajang WRC, TGR mampu meraih kembali gelar World Rally Championship Constructors Champions (2018) setelah absen cukup lama yang disusul dengan capaian World Rally Championship Drivers’ Champions (2019 & 2020). Dan di ajang Dakar Rally, untuk pertama kalinya TGR berhasil meraih kemenangan secara menyeluruh sehingga dinobatkan sebagai Dakar Rally Winner (2019).

sumber : Astra Toyota Indonesia dan carvaganza

1 Komentar pada “Toyota Gazoo Racing resmi hadir di Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *